Arahan Jokowi Wujudkan SPBE, Menpan RB Raker Sama Menkominfo

Agung Nugroho | Rabu, 03 Januari 2024 - 21:27 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Pendayaagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas rapat kerja (raker) bersama Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi terkait soal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-Goverment di Kementerian PANRB, Jakarta Rabu (3/1/2024). Dok: Agung Nugroho/Five

Jakarta - Menteri Pendayaagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas rapat kerja (raker) bersama Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi terkait soal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-Goberment di Kementerian PANRB, Jakarta Rabu (3/1/2024). 

Menpan RB Anas mengatakan, rapat koordinasi ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-Goverment.

"(e-Government) Sangat penting bagi pemerintahan Indonesia, yang nanti Minggu depan akan dibahas di Rapat Paripurna kabinet," kata Anas, saat ditemui usai rapat, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2024).

Azwar Anas mengatakan hari ini kami diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan koordinasi dan salah satunya dengan Kominfo sebagai sesama pembina tim koordinasi pemerintah berbasis elektronik. 

"Bagaimana Perpres 82 tentang e-Goverment teknologi dan Indonesia memasuki babak baru karena kita punya GovTech yang akan dioperasionalkan dalam waktu dekat," pungkas dia

Sementara itu, Budi Arie mengatakan, transformasi digital di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan sehingga e-government atau pemerintahan digital juga harus diwujudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan kemajuan teknologi digital ini mewajibkan kita semua juga harus melakukan adaptasi dan juga penyesuaian dalam cara kerja dan berpikiran. Bekerja pemerintah dalam melayani masyarakat, terutama soal transparansi, akuntabilitas, dan juga kecepatan supaya masyarakat ini kan dinamikanya semakin tinggi," katanya.