Resmikan Tol Pamulang-Cinere Raya-Bogor, Jokowi: Total Investasi Rp 4 Triliun

Agung Nugroho | Senin, 08 Januari 2024 - 13:42 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Pamulang-Cinere Raya-Bogor, Senin (8/1/2024). Dok:Ist

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Pamulang-Cinere Raya-Bogor, Senin (8/1). Dengan peresmian ini, maka ruas jalan tol tersebut resmi beroperasi mulai hari ini.

"Alhamdulillah pagi hari ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere Raya-Bogor yang total panjang 14,8 km dan total investasi yang dikeluarkan Rp4 triliun," kata Jokowi saat peresmian di Gerbang Tol Limo Utama.

Jokowi menerangkan jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di wilayah Jabodetabek yang sudah ada saat ini mulai dari lingkar dalam hingga Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Jokowi berharap tol ini membuat masyarakat memiliki banyak pilihan atau alternatif untuk melakukan mobilitas di kawasan sekitar Jakarta. Misalnya, ke Cibubur, Tangerang, Bogor, ataupun ke Bandara Soekarno-Hatta.

Dengan tol ini Jokowi menegaskan macet di Jakarta bakal berkurang karena masyarakat tak mesti berkendara ke tengah kota terlebih dahulu.

“Karena ini jalan yang dibangun lingkar dalam, ada juga lingkar luar di JORR 1, JORR 2. Jadi di dalam Jakarta sendiri nggak macet, karena tidak perlu harus lewat dalam kota Jakarta," beber Jokowi.

Jokowi juga menekankan tol bakal memperlancar mobilitas orang, barang, maupun logistik sehingga Indonesia tingkat kompetitif Indonesia meningkat. "Kita juga harapkan mobilitas orang, barang, logistik, menjadi lebih baik, lebih cepat. Goal-nya ke sana," sebut Jokowi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani menjelaskan penyambungan Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km ini akan mempercepat perjalanan masyarakat dari dan ke wilayah Cinere, Pamulang, Serpong, serta sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Terutama ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini terhubung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang juga telah selesai saat ini.

"Nantinya, ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+250 akan terhubung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo. Dengan tersambungnya jalan tol ini, pengguna jalan yang akan keluar di Limo ataupun menerus menuju Jagorawi akan melakukan transaksi di Gerbang Tol Limo yang dioperasikan oleh PT TLKJ," ujar Mirza beberapa waktu lalu.

Mirza menambahkan bahwa konstruksi untuk Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah selesai 100 persen sejak akhir 2021, telah diuji laik fungsi pada Mei 2022, dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada September 2023.

Sebagai informasi rangkaian ruas tol tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol, yaitu PT CSJ, anak usaha dari Jasa Marga, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ), yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Tol Serpong-Cinere sendiri memiliki panjang 10,14 km dengan investasi konstruksi sebesar Rp 3,8 triliun. Jalan tol ini dibangun sejak tahun 2017, dan baru selesai penuh dua seksi pada Februari 2022. Seksi I jalan tol ini yang menghubungkan Serpong-Pamulang sudah beroperasi sejak April 2021.

Sementara itu, Tol Cinere-Jagorawi memiliki panjang total 14,64 km dengan investasi konstruksi sebesar Rp 3,6 triliun. Tol ini dibangun sejak 2010, dan baru selesai penuh 3 seksi pada Desember 2022. Seksi I tol ini yang menghubungkan Jagorawi-Raya Bogor telah beroperasi sejak Februari 2012.

Totalnya yang hari ini diresmikan ada sekitar 3 seksi dari 2 ruas jalan tol tadi dari Pamulang hingga Jalan Raya Bogor sepanjang 14,5 km. Bila dirunut dari arah barat, tol JORR 2 dimulai dari ruas Cengkareng-Kunciran yang dibangun sepanjang 14,19 km. Kemudian, dilanjut ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,14 km.