Gibran: Program PTSL dan Redistribusi Tanah Dilanjutkan

Agung Nugroho | Minggu, 21 Januari 2024 - 20:48 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Calon wakil presiden (Cawapres) nompr urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat pemaparan visi misi dalam debat Cawapres 2024, Minggu, (21/2/2024) malam.. Dok: Tangkapan layar YouTube KPU

Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nompr urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan visi misinya menegaskan bahwa program reforma agraria akan dilanjutkan terkait kepemilikan tanah.dan juga pemanfaatan tanah yang berkeadilan. 

"Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), redistribusi tanah, one map policy akan dilanjutkan. Tidak hanya reforma agraria saja akan tetapi memperluar cakupan program hilirisasi," ujar Gibran saat pemaparan visi misi dalam debat Cawapres 2024, Minggu, (21/2/2024) malam..

Dia menegaskan, Indonesia tidak boleh lagi mengirim atau mengekspor barang mentah.

Selain program hilirisasi, Gibran juga menekankan adanya program yang mengurangi ketergantungan pada energi fosil. 

"Maka dari itu, pihaknya akan terus mendorong transisi menuju energi hijau seperti bioavtur, biodiesel dan juga bioetanol. Selanjutnya, potensi energi baru terbarukan," ucap Gibran.

"Bisa mencakup 3.686 GW yang meliputi energi surya, angin, air, bio energi dan juga panas bumi. Oleh karena itu bekerja sama penta Helix wajib untuk didorong,” katanya.

Gibran meyakini, jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM, maka akan terbuka 19 juta pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan.

"Sebanyak 5 juta di antaranya adalah green jobs. Ini merupakan peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green job ini adalah trend peluang kerja masa kini dan masa depan,” tandasnya