Menteri PANRB Berikan Tunjangan Pesawat untuk ASN Pindah ke IKN

Kiki Apriansyah | Jumat, 08 Maret 2024 - 07:56 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat ditemui usai acara Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik dan Percepatan Penyelenggaraan MPP Digital, di Hotel The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (7/3/2024). Dok: Kiki Apriansyah/FIVE

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan tunjangan akomodasi transportasi berupa pesawat untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

Kementerian PANRB telah merampungkan tunjangan pegawai ASN pertama yang pindah ke IKN

Menteri PANRB mengatakan sudah dirumuskan, ada tunjangan kepindahan, packing, kemudian tunjangan mereka berangkat dengan keluarganya ke tempat itu., 

"Dapat tunjangan naik pesawat, yang jauh naik pesawat. Kecuali yang dekat mungkin (bisa naik kapal), bawa lemari, bawa apa," tuturnya saat ditemui usai acara Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik dan Percepatan Penyelenggaraan MPP Digital, di Hotel The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Namun Anas enggan merinci besaran insentif tersebut. Sebagai informasi, Diperkirakan 2.500 ASN pertama yang pindah ke IKN mulai Juli.

Kemudian Anas menjelaskan skema pemindahan ASN dilakukan secara bertahap sehingga keberangkatan tidak langsung dilakukan ribuan orang secara bersamaan.

Di samping itu, Anas juga optimistis target pelaksanaan Upacara 17 Agustus di IKN bisa tercapai. Hal ini didukung dengan progres pembangunan infrastruktur di sana yang sudah berkembang pesat, terutama hunian ASN.

"Kemarin kami dengan presiden topping off terkait kesiapan hunian ASN yang ada di IKN. Saya sendiri agak terkaget-kaget karena sebelumnya belum ada apa-apa. Sekarang towernya sudah, wah... Sudah penutupan anu, lantai paling atas. Jadi sangat cepat sekali. Dan apartemennya 90 meter jadi cukup gede," ujarnya.

Editor: Agung Nugroho