Menko Airlangga : Tidak Ada PPKM Level 4 di 27 Provinsi Luar Jawa-Bali

Yapto Prahasta Kesuma | Senin, 11 Oktober 2021 - 17:36 WIB


Khusus untuk transmisi komunitas dari 27 provinsi, 3 provinsi di level tingkat 2, sedangkan 24 provinsi di level tingkat 1. Sementara itu pada minggu ini terjadi penurunan di 2 provinsi yaitu di Bangka Belitung dan NTB.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini telah terjadi perbaikan kasus penularan Covid-19 di Tanah Air.

Ia menjelaskan, dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali, sudah tidak ada lagi yang menerapkan PPKM  level 4.

"Assessment terjadi perbaikan secara minggu per minggu dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali tidak ada di level 4, sudah tidak ada lagi, 3 provinsi di level 3, 22 provinsi di level 2, serta 2 provinsi di level 1 yaitu Kepri dan NTB," kata Airlangga, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/10/2021).

Khusus untuk transmisi komunitas dari 27 provinsi, 3 provinsi di level tingkat 2, sedangkan 24 provinsi di level tingkat 1. Sementara itu pada minggu ini terjadi penurunan di 2 provinsi yaitu di Bangka Belitung dan NTB.

Dari assessment mingguan di kabupaten/kota di luar Jawa-Bali, dari 386 kabupaten/kota, 1 kabupaten/kota masih di level 4 dan 38 kabupaten/kota di level 3, terdapat 278 kabupaten/kota di level 2 dan 69 kabupaten/kota di level 1.

"Dari assessment yang masih naik hanya 1 kota, yaitu kota Sabang, karena data mengenai jumlah kematian yang masih ada peningkatan," kata Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini.

Sementara itu daerah kabupaten/kota yang saat ini menerapkan PPKM level 1 juga terus meningkat dari 52 kabupaten/kota menjadi 69 kabupaten/kota.

"Kemudian di 6 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 di luar Jawa-Bali, dibandingkan periode minggu lalu di 5 Oktober, terdapat 2 kabupaten yang turun levelnya atau mengalami perbaikan, yaitu di kota Padang dan Banjarmasin," ungkapnya.

Kemudian positivity rate di 5 kabupaten turun, seperti di Pidie, Bangka Belitung, Padang, Bulungan, dan Tarakan.

“Kemudian target pemeriksaan tercapai di kabupaten/kota, yang tidak tecapai adalah Pidie, Banjarmasin dan Bulungan. Vaksinasi 4 kabupaten/kota rata-rata dibawah nasional, dan juga yang terkait dengan Lansia di 4 kabupaten tersebut,” ujarnya.

Baca Juga

Maulid Nabi, Menteri Agama Ajak Masyarakat Hargai Perbedaan

Pesantren Ujung Tombak Penguatan Moderasi Beragama

Bahas Haji 2025, Menag Yaqut Bertemu Menhaj Tawfiq

Menunggu 25 Tahun, AHY Serahkan 500 Sertifikat Hunian eks Timor Timur

AHY Klaim PTSL sudah Capai 117 Juta Bidang Tanah