TNI AU Siapkan Dua Pesawat Untuk Jemput WNI di Wuhan

Marhadi | Rabu, 29 Januari 2020 - 15:00 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Pesawat TNI AU (Ist)

Jakarta - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan JUdara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto, mengatakan, TNI AU Menyiapkan dua pesawat jenis Boeing dan satu pesawat Hercules untuk menjemput WNI di Wuhan.

Menurut Fajar Adriyanto, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk terbang menjemput WNI di Wuhan.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan jika sudah ada instruksi dari Kemenlu, dua pesawat yang akan menjemput WNI di wuhan akan mendarat kembali di Indonesia di bandara Halim Perdana Kusuma.

"Tempat mendaratnya di Halim (Halim Perdanakusuma), bagaimana pengungsiannya sudah disiapkan. TNI AU kan menyiapkan pesawat ini tinggal gerak aja," kata Fajar kepada awak media, Rabu (29/1/2020).

Selanjutnya, setelah pulang di Tanah Air, baik kru penjemput maupun WNI yang dievakuasi akan dilakukan karantina selama kurang lebih 28 hari. Mereka akan diobservasi untuk memastikan tidak ikut terjangkit virus corona.

"Nanti begitu kembali akan dikarantina dulu. Jadi tidak langsung turun langsung bebas, dikarantina dulu. Yang kita siapkan itu, briefing-nya demikian. Standar (karantina) 28 hari di RSPI Sulianti Saroso," kata dia.