Berhasil Menggelar Street Race di Ancol, Polda Metro Jaya Rencanakan Kegiatan Serupa di Luar Jakarta

Ardy | Senin, 17 Januari 2022 - 09:56 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo turut menjajal jalan inspeksi Kali Ancol (Dok Ist)

Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan ke depannya Kepolisian akan menggelar acara Street Race di luar Ibu Kota yang masih masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Rencana itu menyusul suksesnya acara Street Race di jalan inspeksi sisi selatan Taman Impian Jaya Ancol. Terlihat dari antusiasme masyarakat untuk ikut acara tersebut tergolong tinggi. 

Sebanyak 350 slot untuk peserta sudah penuh sehari sebelum acara berlangsung. Hingga minggu pagi, Sambodo menyebut masih banyak peserta yang mencoba untuk daftar, namun tidak bisa.

"Insya Allah bulan depan kami adakan lagi, karena acara Street Race ini dapat mengakomodir para pelaku balap liar," katanya di Ancol pada Ahad, 16 Januari 2022.

Sambodo mengatakan rencana itu sejalan dengan perintah Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran yang meminta acara serupa digelar di wilayah lain. 

Salah satu wilayah yang akan digelar acara Street Race dalam waktu dekat yakni Kota Tangerang Selatan.

“Harapannya bulan depan kami akan laksanakan di BSD, bulan depannya lagi di Bekasi,” ujarnya Sambodo.

Selain itu, menurut Sambodo tidak menutup kemungkinan pihaknya menggelar kompetisi balap motor dengan format road race. Salah satu lintasan yang diproyeksikan dapat dipakai untuk acara itu adalah sirkuit Formula E Ancol.

“Mudah-mudahan setelah dipakai oleh Formula E, sirkuit itu bisa dipakai untuk road race. Tapi karena sirkuitnya belum ada, sementara kami eventnya drag race dulu,” pungkas Sambodo.