Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ingatkan Lembaga Riset Jadi Penyatu Antara Elit dan Masyarakat

Fuad Rizky Syahputra | Jumat, 09 September 2022 - 15:57 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Politisi Golkar dan juga Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Lakalena meminta agar lembaga riset bisa jadi penyatu bangsa.

Jakarta - Melkiades Laka Lena menghadiri acara Press Release Hasil Survey Nasional Pilpres yang diadakan oleh Indo Riset Terkait Peta Terkini Persaingan Capres 2024, Rabu (7/9/2022).

Di akun Facebook @Melki Laka Lena dirinya mengungkapkan persepsi dan aspirasi publik mesti seirama dengan presepsi dan aspirasi elit politik.

Hal ini penting karena terkadang aspirasi elit politik tidak seirama dengan aspirasi publik maka lembaga-lembaga riset diharapkan bisa menyatukan kedua hal ini.

"Para politis, para peneliti, akademisi mesti selalu memberikan edukasi kepada publik sehingga publik bisa menilai para calon pemimpin dengan baik, bukan asal suka atau tidak suka" tegasnya.

Dirinya menambahkan kebanyakan lembaga riset terkadang hanya menerima persepsi publik dengan asas suka tidak suka.

Padahal yang diperlukan oleh masyarakat adalah persepsi berbasis kinerja dengan melihat masalah masalah bangsa yang bisa diselesaikan oleh calon pemimpin.

"Lembaga survei mesti melakukan survei untuk komposisi kepemimpinan koalisi. Ada 4 koalisi yang akan mewarnai pemilu kita di 2024, yang pertama koalisi KIB Golkar, PPP dan PAN, Kedua Gerindra dan PKB, ketiga PDIP dan keempat Nasdem, PKS dan Demokrat" terang Melki lagi.