Sultan UMKM adalah Tulang Punggung Ekonomi Negara

Kiki Apriyansyah | Kamis, 01 Desember 2022 - 16:30 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Rayen Pono penyanyi Solo (kiri pertama), Rian D'Masiv (kiri kedua), Lutfi Ginanjar Founder dan CEO Smeshub Indonesia (tengah), Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamuddin (tengah), Ketum BPP HIPMI Akbar H. Buchari (tengah), Putri Kuswisnu Wardani Wantimpres sekaligus CEO Mustika Ratu (tengah), Ridho Muhammad founder & CEO Farmaklik (kanan kedua), dan Wakemnaker Afriansyah Noor (kanan pertama).

Jakarta - Wakil Ketua III DPD RI Sultan Baktiar Najamudin mengatakan dalam fase krisis ekonomi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi kunci untuk menentukan arah ekonomi negara.

Menurutnya, tidak bisa diperdebatkan lagi bila sektor UMKM saat ini menjadi sektor yang bisa menopang negara.

"Jadi bila kita menilik ke belakang, UMKM itu tulang punggung negara kita," kata Sultan dalam acara SMESX di Grand Indonesia (GI) Jakarta Pusat, Kamis 1/12/2022.

Meski begitu, Sultan menuturkan bila pada hari ini pekerjaan rumah negara masih sangat banyak untuk bisa terus menggenjot sektor UMKM.

Ia berharap UMKM bisa memberikan pembaharuan untuk melaksanakan kegiatan ekspor negara. 

"Pada saat kekhawatiran inflasi yang mulai tak terkendali justru kita harus optimis dengan mengkampanyekan UMKM kita," tuturnya. 

Kemudian, Mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu juga menyatakan bila dari sekian banyak Platform UMKM ini sektor digitalisasi juga harus dibenahi.

Peran Digitalisasi dalam sektor UMKM ini dapat menentukan arah ekonomi Indonesia dan juga memastikan ekonomi kreatif dapat memberikan dampak positif untuk ekonomi negara. 

Saat ini, ujar Sultan posisi dirinya di Parlemen akan terus melakukan pengawasan untuk kegiatan UMKM bisa berjalan maksimal.

"Posisi kami di senayan sebagai pengawas dan kita ingin memastikan kegiatan UMKM ini bisa berjalan lancar dan maksimal," ujarnya. 

"Selain itu, dalam bidang legislasi kita akan mengawal terus dan yang belum maksimal dan kita pasti akan beri rekomendasi," demikian sambungnya.