Renovasi Jalur Uji Kendaraan Rampung, Kini UP PKB Jagakarsa Miliki Lima Jalur Uji

Iwan Purnama | Sabtu, 11 Februari 2023 - 00:47 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kepala UP PKB Jagakarsa, M Faris Budiman melakukan penguntingan pita saat meresmikan Mushola Al Farizi, Jalan Moch. Kahfi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Jakarta - Kepala Unit Pengelolaan Pengujian Kendaraaan Bermotor (UP PKB) Jagakarsa, M Faris Budiman mengucapkan rasa syukur karena selesainya renovasi jalur uji kendaraan UP PKB Jagakarsa yang sebelumnya hanya memiliki dua lajur uji kendaraan, sekarang menjadi lima jalur uji kendaraan.

"Saya sangat senang karena hari ini selesai juga renovasi jalur uji kendaraan dari dua jalur menjadi lima jalur. Saya berharap dengan selesainya renovasi ini tugas kita ke depannya menjadi lancar dan lebih mudah, serta bisa memberikan pelayan lebih dekat untuk wilayah Jakarta Selatan dan sekitar sini,” kata Faris, Jumat (10/2).

Hal tersebut dikatakan Faris dalam sambutannya saat meresmikan Mushola Al Farizi yang berada di Jalan Moch. Kahfi II, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dan sebelumnya dilakukan penanaman Pohon Jambu Bol Jamaika secara simbolis di pelataran parkir Gedung Penguji, dilanjutkan dengan pembacaan  ayat suci Al-Quran dan saritilawah.


"Dulu tempat ini penuh semak belukar dengan pohon besar-besar karena 10 tahun kosong, setelah diserahkan ke Pemprov DKI mulai kita bangun dua tahun, Alhamdulillah bulan Juni 2022 kita sudah launching," kata Faris.

Ditambahkan Faris, dengan mulai beroperasinya lima jalur uji kendaraan ini diharapkan bisa dilakukan pengujian 400 kendaraan dalam sehari.

“Mudah mudahan ya, masyarakat yang mempunyai kendaraan bisa datang untuk wajib uji. Kita buka Senin sampai Jumat dari jam 08.00 sampai jam 16.00. Jumlah karyawan kita ada 80 orang yang terdiri dari PNS dan PJLP, Insya Allah bisa melayani masyarakat yang datang untuk uji kendaraan dengan baik,” ujar Faris.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan Tausiah dari Ustadz Samsul Bahri dan pembacaan doa oleh Rusli Effendi serta memberikan santunan anak yatim yang tinggal di sekitar lingkungan UP PKB Jagakarsa dan ditutup dengan penguntingan pita di depan pintu Mushola Al Farizi.

Seperti diketahui, UP PKB Jagakarsa adalah tempat pelayanan pemeriksaan teknis dan sertifikasi kelaikan jalan kendaraan bermotor serta pengendalian lalu lintas angkutan orang dan barang dibawah Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

UP PKB Jagakarsa diresmikan oleh Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali mewakili Gubernur Anies Baswedan pada Selasa, 14 Juni 2022.

UP PKB Jagakarsa sebenarnya sudah ada sejak tahun 1996. Namun, sempat berhenti beroperasi pada 2012.

Menurut Marullah ketika itu alasan UP PKB kembali beroperasi karena ingin memberikan pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang lebih cepat kepada masyarakat.