Pelayanan Berbasis Online Hindari Percaloan

Rulli Harahap | Rabu, 15 Maret 2023 - 14:10 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Samsat Jakarta Utara terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan (istimewa)

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Utara terus berbernah menuju pelayanan prima. Salah satunya penerapan teknologi berbasis online dengan aplikasi SI ONDEL. Punggunaan teknologi ini, selain nyaman, mudah dan cepat, juga terhindari percaloaan.

“Berbagai terobosan kami lakukan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya penggunaan Informasi Teknologi untuk menghindari percaloan,” kata Kanit Samsat Jakarta Utara, AKP Kharisma Arbita Bangsa, S.I.K, M,.SI.

Pamin STNK Samsat Jakarta Utara, Iptu Nyoman Santhi P.S. Tr.K, M.H, melanjutkan, Samsat Jakarta Utara juga memasang  nomor informasi dan pengaduan untuk masyarakat. Jika masyarakat mengalami kesulitan dalam kepengurusan surat-surat kenderaan cukup menghubungi nomor informasi dan pengaduan tersebut. Nanti, petugas akan memandu dan mengarahkan masyarakat.

“Masyarakat itu kami anggap sebagai ‘raja’, karena itu kami selalu memberikan pelayanan yang terbaik,” kata Iptu Nyoman Santhi.

Pelayanan Samsat Jakarta Utara bersifat humanis dan menerapka 3 S (Senyum, Salam dan Sapa). Sehingga petugas dengan masyarakat pajak kelihatan tidak ada jarak, seperti keluarga.

“Pelayanan Samsat Jakut bersifat humanis sehingga kelihatan tidak ada jarak. Di lobi mereka sudah disambut hangat oleh petugas dengan senyum, salam dan sapa,” kata Ipda Lisdiyanto, S. Kom, M.H.

Selain itu, Samsat Jakarta Utara juga melakukan pelayanan ‘jemput bola’ atau Samsat Keliling (Samling) di beberapa daerah di Jakarta Utara. Samling ini salah satu strategi Samsat untuk mendekatkan pelayanan dengan masyarakat.

“Inilah strategi kami mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,”  kata Iptu Cipung Santoso, Pamin Samling Samsat Jakarta Utara.