Polda Metro Catat Peningkatan Kendaraan Arus Balik ke DKI Masih Terkendali

Fuad Rizky Syahputra | Kamis, 27 April 2023 - 19:30 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman

Jakarta - Polda Metro Jaya mencatat adanya peningkatan arus lalu lintas saat arus balik Lebaran 2023 di Tol Jakarta Cikampek malam ini. Angka mengalami kenaikan dibandingkan puncak arus balik hari kemarin.

"Mulai jam 11.00 WIB sampai dengan jam 20.00 WIB rata-rata per jam masuk itu adalah 3.000 ke atas. Kalau kemarin 3.000 ke bawah masih sekarang sudah 3.000 ke atas. Jadi tidak ada lonjakan yang berarti seperti kemarin 3.000 naik ke 3.500," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Latif Usman.

Latif mengatakan jumlah tersebut diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Pihak kepolisian bersama stakeholder terkait terus berupaya agar lalu lintas saat arus balik berjalan lancar.

"Pola masih sama ada peningkatan tetapi alhamdulillah berkat kerja sama pemudik juga sehingga betul betul arus lalu lintas dari Jawa Tengah sampai dengan Jaya kita kendalikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Latif mengimbau masyarakat untuk mengatur jadwal keberangkatan agar tidak terjadinya penumpukan arus lalu lintas. Latif pun meminta masyarakat untuk tidak beristirahat di bahu jalan saat mengalami kelelahan.

"Istilahnya tidak menumpuk di satu tempat, ya kalo sekarang bergeraknya begini terus di 24, 25, 26, 27, 28 Insyaallah situasi arus akan demikian terus, harapan kita demikian jadi tidak ada lonjakan," kata dia.

"Kalau lelah istirahat. Jangan sampai memaksakan. Apalagi berhenti di tempat yang tidak sesuai peruntukannya. Ini kita awasi terus. Kita kontrol seluruh jalur kerja sama dari seluruh jajaran ditlantas di Pulau Jawa yang dikendalikan Korlantas," imbuhnya.