Menikmati Indahnya Sunrise di Bukit Silancur

Rus | Rabu, 10 Mei 2023 - 15:41 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Pemandangan sunrise nan eksotik

Jakarta - Buat kalian penikmat wisata alam dan hawa dingin, khususnya Gunung, cobalah sambangi pesona Bukit Silancur di atas ketinggian 130 mdpl di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari destinasi ini, kalian dapat menikmati beberapa pesona gunung yang populer di Jawa Tengah; Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Sumbing, yang gagah berdiri di depan kita.

Dikenal juga dengan nama Silancur Highland, memiliki luas 3.800 meter dapat menjadi pilihan utama sebelum singgah ke destinasi hits lainnya di Kabupaten Magelang, yaitu Nepal Van Java.

Jarwo, Founder Silancur Highland saat bertemu grup Media Trip Atria ‘The Beauty of Magelang and Malang’, pada (04/05) mengatakan, kawasan ini dulunya merupakan perkebunan sayur dan menjadian buruan para ‘pemuja sunrise’ dari komunitas fotografi, dan selebgram.

“Mereka datang berburu dan menikmati sunrise, akan tetapi menginjak-injak tanaman. Dari ihwal tersebut, saya memiliki ide untuk dijadikan destinasi wisata sekalian,” ungkap Jarwo.

Oleh Jarwo, kawasan ini ‘disulap’ menjadi destinasi menikmati sunrise yang eksotik. “Sekarang sudah ada vila, camping ground, mushola, kantin, kamar mandi, dan lainnya,” lanjutnya.

Jarwo pun menjelaskan, bagi traveler yang malas membawa perabot tenda pihak pengelola Silancur Highland pun menyewakan tenda dengan harga Rp 20 ribu per orang per malam.

Jika kalian ingin yang lebih bagus dapat menyewa vila yang dibanderol Rp 500 ribu per malam. Vila ini dapat diisi oleh empat orang. “Saat ini kami memiliki lima vila dan harus booking terlebih dahulu. Hanya kalau weekend selalu penuh,” katanya.

Untuk tiket masuk ke kawasan ini masih cukup bersahabat hanya Rp 19 ribu di hari Senin hingga Sabtu. Di hari Minggu lebih murah Rp 15 ribu. Untuk biaya parkir kendaraan baik roda 2 maupun roda empat masih terbilang murah dan tarifnya flat. 

Di Silancur Highland ini ada sekitar 15 titik untuk foto, mulai dari taman bunga, jembatan awan, dan masih banyak lainnya. Kalian pun dapat menikmati aktivitas lain seperti trekking, out bond, berkebun dengan masyarakat. 
Jika kunjungan kalian ingin berkesan dan tidak sia-sia, datanglah pada bulan Juni, Juli, atau Agustus. Karena itu bulan terbaik untuk menikmati keindahan sunrise dari Silancur Highland.

Baca Juga