Awasi Orang Asing, Kakanwil Kumham DKI Jakarta Harapkan Koordinasi Camat Sampai RT

Fuad Rizky Syahputra | Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:16 WIB


Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, mengharapkan camat, lurah dan pengurus RT/RW untuk saling bertukar informasi mengenai potensi kerawanan keberadaan dan kegiatan orang asing, khususnya di Jakarta Timur.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun

Jakarta - Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, mengharapkan camat, lurah dan pengurus RT/RW untuk saling bertukar informasi mengenai potensi kerawanan keberadaan dan kegiatan orang asing, khususnya di Jakarta Timur.

Harapan Ibnu Chuldun ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Administrasi Jakarta Timur, Rabu 4 Oktober 2023.

Menurut data di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, wilayah Jakarta Timur dijadikan kegiatan atau tempat tinggal tidak kurang dari 7.981 WNA.

Dalam kegiatan ini, Ibnu Chuldun didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Pamuji Raharja.

Rapat bertema Pengawasan Orang Asing Dalam Rangka Pemilu Tahun 2024 tersebut diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Kepala Seksi I Intelijen dan Pendidikan, Ferry Khrisdiyanto dalam laporannya menyebut, sampai Oktober ini sudah ada 39 tindakan administrasi kepada orang asing.

Sedangkan Ibnu Chuldun mengungkapkan bahwa sudah ada 38 instansi anggota Tim Pengawasan Orang Asing. Ini menunjukkan sinergitas dalam menyukseskan pengawasan pada orang asing di Indonesia.