Kemenag Bakal Bentuk Tim Cyber Army Jelang Pemilu 2024

Fuad Rizky Syahputra | Kamis, 12 Oktober 2023 - 18:26 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Staff Ahli atau Khusus Menteri, Wibowo Prasetyo, saat melaunching Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah (PLHUT) Kemenag Kabupaten Purworejo.

Jakarta - Kementerian Agama Republik Indonesia bakal membuat tim cyber army menjelang tahun politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Staf Ahli Menteri Agama, Wibowo Prasetyo, saat melaunching Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah (PLHUT) Kemenag Kabupaten Purworejo, Rabu (11/10/2023).

Wibowo Prasetyo mengatakan, tim cyber army itu akan bertugas melakukan patroli di dunia maya untuk mengawasi aparatur sipil negara (ASN) Kemenag yang terlibat politik praktis.

"Nanti saya akan memimpin tim cyber army kemenag. Tugas tim itu adalah mengawasi ASN Kemenag di dunia maya. Selain itu juga bertugas untuk memberikan literasi keagamaan agar masyarakat tercerahkan," ungkapnya, Rabu (11/10/2023).

Wibowo menjelaskan, upaya tersebut dilakukan untuk menjaga sikap netralitas ASN. Sebab, sesuai regulasi yang mengatur ASN harus bersikap netral, terlepas dari haknya untuk memilih.

Selain itu, Wibowo juga mebgungkapkan bahwa ASN Kemenag dituntut jadi orang moderat. Di mana jika beragama Islam, maka harus berlandaskan rahmatan lil alamin.

"Sehatinya semua agama tidak ada yang mengajarkan kekerasan ataupun berkonflik dengan pemeluk agama lain. Semua agama mengajarkan cinta kasih. Namun, di tahun politik ini ada potensi menggunakan agama untuk tujuan tertentu, semisal merebut kekuasaan. Maka ASN harus bersikap netral," katanya.

Menurutnya, ada sanksi cukup berat apabila ASN Kemenag terciduk condong ke satu arah. Sehingga, ia mewanti-wanti ASN Kemenag dalam bermain sosial media.

"Bagi yang melanggar sangksinya cukup berat, bahkan bisa dipecat. Karena itu hati-hati dalam menggunakan media sosial, karena banyak jebakan. Kalau mudah terpancing kemudian berkomentar salah maka akan jadi masalah. Harus hadapi politik dengan hepi," ucapnya.

Lebih lanjut, pada kesempatan itu Wibowo juga menberikan apresiasi kepada Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang telah menyelesaikan pembangunan PLHUT. Bahkan, pembangunan gedung tersebut menjadi yang tercepat di Indonesia.

"Tentu saya sangat mengapresiasi, apalagi pembangunan PLHUT Kemenag Kabupaten Purworejo jadi teecepat di antara proyek lainnya di Jawa Tengah. Bahkan, mungkin bisa jadi yang terbaik di Indonesia," ujarnya.

"Saya kira PLHUT itu menjadi solusi layanan jamaah haji agar semakin baik. Karena layanan dengan konsep one stop service, maka semua terkait ibadah haji ada di sini. Tujuannya, agar Kemenag hadir lebih dekat kepada umat," tandasnya.