KLHK Terapkan Prosedur Kesehatan Manggala Agni

Yapto Prahasta Kesuma | Jumat, 15 Mei 2020 - 15:22 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Personil Manggala Agni Tanah Bumbu.

Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) minta personil Manggala Agni di seluruh wilayah Indonesia agar melaksanakan tugas pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dengan memperhatikan kondisi kesehatan pada masa Pandemi COVID-19.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), KLHK, Ruandha Agung Sugardiman dalam keterangan tertulisnya (13/05/2020), menerangkan bahwa KLHK menyiapkan sejumlah prosedur dalam menjaga kesehatan para personil Manggala Agni.

Upaya-upaya tersebut mengacu pada Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SE.6/MenNLHK-Setjen/Roum/SET.1/4/2020 tentang Kesinambungan Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di KLHK.

Sementara itu guna mendukung upaya Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, Badan Litbang dan Inovasi (BLI)-KLHK, melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbanghutan), berhasil mengungkap bahwa senyawa kimia sesquiterpenes di dalam gaharu, dapat berperan sangat efektif menekan penyebaran Covid-19. 

Sebagaimana diketahui sebelumnya, gaharu telah dimanfaatkan oleh Puslitbanghutan sebagai bahan baku hand sanitizer Gaharu (HaRus) dan hand soap. 

Produk-produk tersebut diharapkan dapat digunakan masyarakat luas untuk menekan Covid-19. Peneliti Puslitbanghutan, Asep Hidayat, Ph.D mengatakan bahwa, di dalam gaharu mengandung senyawa-senyawa sesquiterpenes seperti guaiene, gurjunene, muurolene, eudesmol, dan selinene.