Jokowi Sebut Debat Pilpres 2024 Hanya Panas di Medsos

Agung Nugroho | Jumat, 22 Desember 2023 - 11:17 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan suasana di masyarakat santai meskipun debat capres dan cawapres di Pilpres 2024 terlihat panas dalam tayangan televisi.. Dok: Setpres

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut suasana Debat Pilpres 2024 hanya panas di media sosial (Medsos). Namun, di desa-desa suasananya santai-santai saja.

Hal itu diutarakan Jokowi dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia di Astor Ballroom Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023). Mulanya Jokowi mengungkap dirinya optimis menyambut 2024.

"Kalau bacanya sosial media, nonton televisi, adu debat antarpolitisi, ya sepertinya suasananya panas, sepertinya. Tetapi kalau bapak-ibu turun ke masyarakat, desa, daerah-daerah, bapak-ibu bisa merasakan rakyat itu santai-santai saja," kata Jokowi.

Ia paham jika banyak pengusaha yang deg-degan menanti situasi Pilpres 2024. Namun, Jokowi optimistis pemilu akan berjalan damai.

Jokowi menyebut masyarakat sudah lebih cerdas dibanding saat dua pilpres sebelumnya. Menurutnya, masyarakat cepat bersatu setelah ada keterbelahan di dalam pilpres.

"Sebetulnya politiknya juga adem-adem saja. Saya kira sangat jauh jika dibandingkan 2014 dan 2019, sangat beda sekali," ujar Jokowi.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan calon. Mereka adalah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Saat ini, pilpres memasuki tahapan kampanye. Ada lima debat capres-cawapres sepanjang masa kampanye.

Pemungutan suara Pilpres 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Gelaran itu dibarengi pemungutan suara untuk pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.