Prabowo Serahkan Pesawat Super Hercules C-130J Disaksikan Jokowi

Agung Nugroho | Rabu, 24 Januari 2024 - 10:27 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto secara simbolis menyerahkan pesawat Super Hercules C-130J unit keempat pesanan Indonesia kepada TNI Angkatan Udara (AU) disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024). Dok: Agung Nugroho/FIVE

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto secara simbolis menyerahkan pesawat Super Hercules C-130J unit keempat pesanan Indonesia kepada TNI Angkatan Udara (AU) disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024) pagi. Diketahuu Penyerahan pesawat dengan nomor ekor atau tail number A-1344 

Berdasarkan pantuan Majalah FIVE, Jokowi tiba sekitar pukul 08.20 WIB. Prosesi penyerahan dilakukan dengan membuka tirai pada badan pesawat Hercules. Lalu dilanjutkan dengan pemecahan kendi di roda pesawat dan penyiraman air kembang.

Kemudian, Jokowi menyaksikan proses simbolis penyerahan pesawat berupa miniatur pesawat dan jaket penerbang. Terakhir Jokowi beserta pejabat yang hadir berfoto bersama.

Untuk diketahui pesawat Hercules ini merupakan pesawat ke-4 dari lima pesawat yang dipesan TNI Angkatan Udara. Pesawat dikirim langsung dari AS dengan rute Marietta-Georgia-San Diego-California-Honolulu-Marshall Island-Guam-Lanud Halim Perdanakusuma.

Pesawat keempat ini akan memperkuat Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara baik untuk misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Menggunakan engine produksi Rolls Royce AE2100D3 yang mampu menghasilkan daya dorong hingga 4,691 pshp dan propeller buatan Dowty R391 dengan 6 blade propellers berbahan composite, pesawat C-130J-30 Super Hercules ini memiliki kemampuan maximum take-off weight hingga 164.000 lbs.

Pesawat ini juga memiliki kemampuan membawa beban maksimal hingga hampir 20.000 kilogram. Selain itu, C-130J ini dapat memuat 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, dan 92 pasukan terjun payung.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga secara simbolis menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak serta hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

Program pengadaan helikopter H225M serta refurbishment helikopter Fennec dan Panther AS 565 MBE tersebut seluruhnya melibatkan industri pertahanan dalam negeri dan dilaksanakan di dalam negeri.