Menag Yaqut Apresiasi Hasil Kinerja Pengawasan Itjen

Fuad Rizky Syahputra | Senin, 05 Februari 2024 - 16:13 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menag Yaqut terima laporan hasil pengawasan dari Irjen Kemenag

Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan apresiasi atas kinerja hasil pengawasan Itjen. Menag berharap Itjen mengawal akselerasi realisasi program di Kementerian Agama.

“Itjen harus hadir dalam setiap tahapan program di Kementerian Agama. Sehingga, hasil pengawasan Itjen dapat digunakan untuk mengakselerasi program prioritas dan penyelesaian masalah yang ada di Kementerian Agama.” Ungkap Menag saat penyerahan sintesa laporan pengawasan tahun 2023 oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agama di Semarang, Minggu (4/2/2024).

“Saya ingin ada akselerasi penyelesaian masalah,” tegasnya.

“Saya berharap Itjen mengawal setiap tahapan program. Itjen harus dapat memberikan rekomendasi perbaikan dari hasil pengawasan,” kata Menag.

“Saya banyak terbantu dengan hasil pengawasan Itjen, terutama dalam proses mendorong realisasi program. Karena Itjen terlibat dari awal,” ungkapnya.

Gus Men mencontohkan, salah satunya yaitu terkait dengan percepatan proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Ia mengharapkan, setiap proyek bukan hanya selesai fisik, namun juga cepat, tepat dan selesai dengan adanya pendampingan dari Itjen.

“Ketika suatu proyek lebih cepat selesai, maka potensi terjadinya fraud lebih rendah. Untuk itu, pengawasan Itjen harus bisa melakukan pendampingan untuk mewujudkan proyek fisik yang cepat, tepat dan selesai,” pungkasnya.