Plt Kapala IKN Sebut Jokowi Akan Ngantor di IKN Bulan Depan

Yapto Eko Prahasta/Agung Nugroho | Senin, 03 Juni 2024 - 12:25 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) sekaligus Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor di IKN bulan depan. Dok: Ist

Jakarta - Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) sekaligus Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor di IKN bulan depan.

Hal itu dikatakan Menteri PUPR Basuki usai diangkat jadi Plt Kepala OIKN oleh Jokowi di Komplek Istana, Jakarta, Senin (3/6/2024). 

Plt Kepala OIKN mengatakan saat ini pihaknya masih mempersiapkan infrastruktur dasar. Salah satunya air untuk kebutuhan perkantoran dan pemukiman.

"Insyaallah (Jokowi berkantor di IKN Juli) kalau air sudah masuk. Juni ini air sudah masuk," kata Plt Kepala IKN Basuki. 

Kendati demikian, lanjut Menteri PUPR mengatakan pompa air akan tiba di Balikpapan pada 7 Juni. Kemudian Kementerian PUPR akan mulai memasang pompa air itu untuk menunjang kebutuhan air di IKN.

"Mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli (selesai instalasi pompa air)," ujarnya.

Presiden Jokowi mengangkat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR BPN Raja Juli Antoni menjadi pelaksana tugas Kepala OIKN dan Wakil Kepala OIKN.

Keputusan itu diambil setelah Bambang Susantono mundur dari posisi Kepala OIKN dan Dhony Rahajoe mundur dari posisi Wakil Kepala OIKN. Informasi itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala OIKN dan juga mengangkat Wamen ATR sebagai wakil OIKN," katanya Senin (3/6).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatan dua bulan menjelang rencana Jokowi menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Informasi disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kantor Presiden Senin (3/6).

"Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono dari Kepala OIKN," katanya.

Sebelumnya, Jokowi berencana berkantor di istana di IKN sebulan sebelum perayaan Hari Ulang Tahun RI ke-79 RI. Dia juga mencanangkan upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia itu di Sumbu Kebangsaan IKN.