Ketua Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Air di IKN Bebas Bakteri E. Coli

Fuad Rizky Syahputra | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 17:40 WIB


"Saya bicara data saja ya, dari Sucofindo ya bakteri E. Coli 0. Saya sudah mendapatkan report dari Sucofindo ini"
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN (Ibu Kota Nusantara) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga. Dok: Istimewa

Jakarta - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, memastikan kualitas air minum di IKN bebas bakteri E.Coli.

"Saya bicara data saja ya, dari Sucofindo ya bakteri E. Coli 0. Saya sudah mendapatkan report dari Sucofindo ini," ujarnya.

Danis menjelaskan kualitas air minum terbagi menjadi 3 kategori. Pertama, kualitas yang berhubungan dengan mikrobiologi, kemudian fisik seperti kekeruhan dan bau, serta sifat kimiawi seperti kandungan logam.

"Kalau tadi yang sakit perut berarti berhubungan dengan bakteri kan, E Coli, 0 kan itu semuanya. Ini Kemenko 3, 0 sampel air minumnya, Istana Negara bahkan ini bakterinya E. Coli juga 0," tuturnya.

Sebelumnya, Megawati mendapat cerita tentang kondisi terkini di IKN. Cerita itu disebut dari anaknya Puan Maharani.

"Ini mba Puan, waktu cerita di IKN, dia kan ke IKN ya, cerita 'mah airnya susah,' Terus saya tanya 'kamu mandinya pakai apa,' kata dia ya lap-lap aja," cerita Megawati dalam video pidato Pengumuman Bakal Calon Daerah tahap 2 PDIP, disiarkan virtual, Kamis (22/8/2024).

Selain menceritakan keluhan Puan terkait air di IKN, kualitas air di sana juga dipertanyakan. Karena kondisi air yang kurang mumpuni di IKN, Puan juga mengatakan ke Megawati banyak sekali pasukan Paskibra mengalami keracunan karena air di IKN.

"Terus, Paskibraka saya banyak yang kena merus-merus, ternyata kena apa, e-coli. Lho ya untung aja pada kuat. Tiap hari telepon, siapa lagi yang kena? Ayo mesti yang kuat," sebut Megawati.

Baca Juga

Pembangunan Kantor Kemenko di IKN Rampung Oktober 2024

PUPR Persilahkan Jokowi Jajal Langsung Air di IKN

Pembangunan Infrastruktur Utama IKN Telah Rampung

Progres Positif Pembangunan IKN Lampaui Target dan Rencana

IKN Siap Sambut Jokowi hingga Kepindahan ASN September Mendatang