DPD RI Gelar Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan

Kiki Apriyansyah | Selasa, 08 Oktober 2024 - 21:24 WIB


DPD RI menggelar pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan (Alkel) untuk Tahun Sidang 2024-2025. Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan yang berlangsung melalui mekanisme musyawarah dan mufakat.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ketua DPD RI Sultan B Najamuddin memimpin langsung pemilihan Alat Kelengkapan (Alkel) dewan yang berlangsung melalui mekanisme musyawarah dan mufakat di Gedung B DPD RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Jakarta - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan (Alkel) untuk Tahun Sidang 2024-2025. Pemilihan Pimpinan Alat Kelengkapan yang berlangsung melalui mekanisme musyawarah dan mufakat itu dipimpin langsung oleh Ketua DPD RI Sultan B Najamuddin, beserta Wakil Ketua DPD RI GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung di Gedung B DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Ketua DPD RI Sultan B Najamudin saat memimpin pemilihan pimpinan Alkel pada Sub Wilayah Barat I, menjelaskan bahwa mekanisme pemilihan Pimpinan Alkel diawali dengan rapat di masing-masing Sub Wilayah, yaitu Barat I, Barat II, Timur I, dan Timur II untuk menentukan nama-nama Anggota DPD RI yang akan menjadi pimpinan Alkel. 

“Selanjutnya, setiap alat kelengkapan akan melakukan rapat pemilihan pimpinan dengan mengedepankan musyawarah mufakat,” imbuhnya.

Sultan juga berharap bahwa pimpinan Alkel yang terpilih dapat bekerja secara kolektif kolegial dalam memperjuangkan kerja konstitusional DPD RI dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingan daerah. “Saat ini banyak pimpinan alat kelengkapan yang terpilih dari kalangan muda, saya harap ini bisa jadi perubahan untuk DPD RI dan menjadi lebih baik”, ucap Sultan.

Dalam pemilihan pimpinan Alkel tersebut, telah disepakati beberapa nama yang akan pimpinan alat kelengkpaan. Di pemilihan Pimpinan Komite I DPD RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung, terpilih Andy Sofyan Hasdam (Kalimantan Timur) sebagai ketua, dengan Carol Simon Petrus (Papua, Bahar Buasan (Bangka Belitung), dan Muhdi (Jawa Tengah) sebagai Wakil Ketua Komite I DPD RI.

Sementara itu, pemilihan Pimpinan Komite II DPD RI yang dilakukan secara musyawarah mufakat, menempatkan Badikenita Br Sitepu (Sumatera Utara) sebagai ketua, Angelius Wake Kako (NTT), A Abdul Waris Halid (Sulawesi Selatan), dan La Ode Umar Bonte (Sulawesi Tenggara) sebagai wakilnya. 

Sedangkan untuk pemilihan Pimpinan Komite III DPD RI yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPD RI Yorrys Raweyai disepakati Filep Wamafma (Papua Barat) sebagai ketua, Dailami Firdaus (Daerah Khusus Jakarta), Jelita Donal (Sumatera Barat), dan Erni Daryanti (Kalimantan Tengah) sebagai Wakil Ketua Komite III DPD RI.

Dalam pemilihan Komite IV DPD RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD RI GKR Hemas, menyepakati bahwa Komite IV DPD RI akan diketuai oleh Ahmad Nawardi (Jawa Timur) dengan Novita Anakotta (Maluku), Sinta Rosma Yenti (Kalimantan Timur), dan Arif Eka Saputra (Riau) sebagai wakilnya.

Alat Kelengkapan non-komite lainnnya juga melakukan pemilihan pimpinannya. Di mana BKSP DPD RI menyepakati Gusti Farid Hasan Aman (Kalsel) sebagai Ketua, serta Darmansyah Husein (Babel), Mirah Midadan Hamid (NTB) dan Lis Tabuni (Papua Tengah) sebagai Wakil Ketua. 

PPUU DPD RI menyepakati Abdul Kholik (Jawa Tengah) sebagai Ketua, Riedno Graal Taliawo (Maluku Utara), Sewitri (Riau), dan Muhammad Hidayatullah sebagai Wakil Ketua. Untuk BULD DPD RI, akan dipimpin oleh Stefanus BAN Liow (Sulawesu Utara) sebagai Ketua, dengan Marthin Billa (Kalimantan Utara), Abdul Hamid (Riau), Agita Nurfianti (Jawa Barat) masing-masing sebagai Wakil Ketua. 

Sedangkan PURT DPD RI menyepakati Hasan Basri (Kalimantan Utara) sebagai Ketua, Elisa Ermasari (Bengkulu) sebagai Wakil Ketua I, Muhammad Rifki Farabi (NTB) sebagai Wakil Ketua II, dan Mamberop Y Rumakiek (Papua Barat Daya) sebagai Wakil Ketua III. Pimpinan BAP DPD RI sendiri dijabat oleh Abdul Hakim (Lampung) sebagai Ketua dengan tiga orang Wakil Ketua yaitu Yulianus Henock Sumual (Kalimantan Timur), Ahmad Syauqi (DI Yogyakarta), dan Nelson Wenda (Papua Pegunungan).

Semengara itu, Badan Kehormatan DPD RI memilih Ismeth Abdullah (Kepri) sebagai Ketua, Evi Apita Maya (NTB), Siti Aseanti (Kalteng) dan Hasby Yusuf (Malut) sebagai Wakil Ketua. 

Rencananya Pimpinan Alat Kelengkapan yang terpilih hari ini akan ditetapkan dan disahkan pada Sidang Paripurna hari Rabu (9/10).

Baca Juga