Polda Metro Jaya akan Tambah 41 Kamera Tilang Elektronik

Ardy | Selasa, 16 Maret 2021 - 10:19 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Dok.Detik.com)

Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan bahwa akan ada 41 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) tambahan, yang terpasang di DKI pada pertengahan Maret 2021 ini.

Sehingga nantinya total ada 98 kamera ETLE terpasang di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Terpasangnya kamera ETLE tambahan itu akan dilaunching saat launching ETLE nasional pada 23 Maret 2021 mendatang.

"Kamera ETLE yang ada sekarang di Jakarta ada 57 dan sudah eksis sejak tahun 2019 dan 2020. Pada 23 Maret akan ada launching ETLE Nasional 12 polda dan salah satunya PMJ," kata Sambodo, Senin (15/3/2021).

Ketika launching nanti dari 57 kamera ETLE di Jakarta, kata Sambodo, akan di tambahkan 41 kamera lagi yaitu di koridor Transjakarta dan jalan tol. Jadi totalnya nanti 98 kamera ETE. Jumlah itu belum ditambah kamera ETLE dari proposal pengajuan yang dilakukan pihaknya untuk hibah dari Pemprov DKI.

"Untuk berikutnya tahap ke empat, dari dana hibah Pemprov DKI tahun 2021 ini, sekitar 60 kamera ETLE. Jadi targetnya, jika semua berjalan baik maka tahun 2021 di Jakarta akan ada 158 titik kamera ETLE. Dan ETLE ini ternyata kebijakan Bapak Kapolri," ujar Sambodo.

Ia menjelaskan dalam program prioritas Kapolri ternyata memang ETLE sangat bermanfaat bukan hanya untuk penindakan pelanggar lalu lintas. Tapi sebagai alat bukti tindak pidana, atau laka lalin. Terbukti dari pengungkapan kasus tabrak lari kemarin di Jalan Thamrin dimana kamera ETLE sangat membantu.

Dengan adanya capture dari kamera ETLE yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, sebelum, saat kejadian dan sesudah kejadian, kata Sambodo, dapat dianalisa siapa pengemudinya dan petugas bisa menentukan tersangkanya.

Selain akan terus menambah kamera ETLE di sejumlah ruas jalan reguler, jalur Transjakarra dan jalan tol, Ditlantas Polda Metro Jaya saat ini juga tengah melakukan ujicoba kamera ETLE portable.

"Ada tiga jenis ETLE portable yang diujicoba yakni helmet camera, dash camera, dan body camera. Dan akan ditentukan apakah semuanya cocok atau hanya beberapa jenis saja,”pungkasnya.