Program Pembinaan Lapas Narkotika Pamekasan, Pembuatan Backdrop, Budidaya Ikan hingga Kerajinan Tangan

Yapto Prahasta Kesuma | Rabu, 28 April 2021 - 20:34 WIB


Program pembinaan yang dilakukan ini merupakan langkah konkret dan komitmen Lapas Narkotika Pamekasan dalam memberikan pelayanan prima terhadap publik dan warga binaan.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : (Ist)

Pamekasan - Berbagai program pembinaan dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pemakesan, Madura terhadap narapidana dan anak didik agar kelak setelah selesai menjalani masa hukumannya menjadi manusia yang terampil.

Program pembinaan tersebut diantaranya pembuatan Backdrop, pembudidayaan Ikan Hias Cupang dan hasil kerajinan tangan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK).

Kalapas Narkotika Pamekasan, Sohibur Rachman mengatakan, program pembinaan yang dilakukan ini merupakan langkah konkret dan komitmen Lapas Narkotika Pamekasan dalam memberikan pelayanan prima terhadap publik dan warga binaan.

“Terkhusus WBP, salah satu indikator keberhasilan Lapas dalam mewujudkan reintegrasi sosial kepada para warga binaan, yaitu dilihat dari bagaimana pelaksanaan pembinaan yang diberikan serta bisa menjadi bekal," kata Sohibur Rachman, Rabu (28/4/2021).

"Baik itu secara kemandirian, maupun kerohanian yang bisa diterapkan setelah bebas nanti dan pada akhirnya bisa menjadikan para warga binaan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya," tambahnya.

Menurut Sohibur, sudah sewajibnya Lapas Narkotika Pamekasan terbuka kepada masyarakat. Ia berjanji, semaksimal mungkin akan memberikan pelayanan prima kepada WBP dan masyarakat.

"Rekan-rekan media bantu kita dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas terkait pembinaan maupun kegiatan-kegiatan yang ada di dalam Lapas Narkotika Pamekasan," ujarnya.