DYAN Siap Genjot Pendapatan di Tahun 2022

Darussalam | Kamis, 09 Desember 2021 - 12:27 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : (kiri) Hendra Noor Saleh Direktur & Corporate Secretary PT Dyandra Media International. Tbk, Daswar Marpaung Direktur Utama PT Dyandra Media International. Tbk, dan Riyanthi Handayani Direktur PT Dyandra Media International. Tbk.

Jakarta - PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 28 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE), pada Selasa (7/12) telah menyelenggarakan Public Expose Tahunan secara daring. 

DYAN mencatatkan pendapatan perusahaan pada kuartal ketiga tahun 2021 sebesar Rp 227 Miliar. Pencapaian pendapatan tersebut tumbuh 39 persen yoy dibandingkan pendapatan Q3 tahun 2020 sebesar Rp 163 Miliar. Kontribusi terbesar pendapatan yaitu dari pilar bisnis exhibition organizer sebesar 89% atau senilai Rp. 201,9 Miliar.
 
Pendapatan perseroan mulai mengalami peningkatan pasca menurunnya angka Covid-19  dan pasar MICE kembali bergeliat. Dari pilar exhibition organizer, perseroan sudah mulai dapat kembali menyelenggarakan event offline, walaupun secara hybrid.

Peningkatan jumlah penyelenggaraan event juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hendra Noor Saleh selaku Direktur dan Corporate Secretary PT Dyandra Media International, Tbk yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Dyandra Promosindo memaparkan kinerja Perseroan pada Q3 Tahun 2021. 

Melalui unit bisnis PT Dyandra Promosindo (Exhibition Organizer Business), event unggulan yang telah diselenggarakan secara hybrid, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid pada 15–25 April 2021 di JIExpo, Jakarta.

Selain itu, beberapa event virtual yang berhasil diselenggarakan antara lain : The 45th IPA Convention & Exhibition, IFEX Virtual Showroom, Kegiatan Literasi Digital di 514 Kabupaten/Kota di Sulawesi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bulan Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit 2021 oleh Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Eksibisi Siber Pussansiad, G20 Indonesia Presidency 2022 Opening Ceremony, Konser Musik FLAVS dan lain-lain.
 
Beberapa offline event yang telah diselenggarakan antara lain IAM Automodified x IIMS Motobike Show, BOS Junior Motocross Championship 2021 (Round 1 & 2), Launching Lagu This Is Indonesia oleh AH Music dan Launching Jersey AHHA PS PATI.

Selain itu, Dyandra melihat potensi bisnis dalam bidang pendidikan, yaitu pengembangan pada Dyandra Academy, dimana fokus utamanya adalah pada bidang Event Management dan industri MICE yang nantinya akan menghasilkan SDM yang berkompeten.

Dyandra Group melalui unit bisnis PT Fasen Creative Quality (Quad Event) juga telah sukses menyelenggarakan event balap motor internasional seri penutup World Superbike™ (WSBK) pada 19 – 21 November 2021 yang lalu di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 
 
Selain exhibition organizer business, Dyandra juga fokus pada pengembangan bisnis tourism leisure melalui bisnis unit PT Mitra Natura Raya yang mengelola empat Kebun Raya yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali. 

Bisnis tourism leisure lainnya yang dikelola oleh bisnis unit PT Dyandra Banaran Nusantara, yaitu kawasan Kampoeng Kopi Banaran di Bawen, Semarang. Dyandra yang mengelola 40 hektar taman agrowisata yang meliputi resort hotel, restaurant (Banaran Sky View, Resto Banaran 9 & Barbeque Camp), ballroom, outdoor area meliputi camping area, outbond area serta jogging track, banaran mart dan pelayanan spa.
 
Pada bisnis convention & exhibition hall, melalui bisnis unit PT Nusa Dua Indonesia, beberapa event nasional baik dari asosiasi, korporasi maupun pemerintah mulai kembali diselenggarakan pada periode Q3-2021 baik di Dyandra Convention Center Surabaya maupun Bali Nusa Dua Convention Center, yang merupakan properti milik DYAN. 

Daswar Marpaung selaku Direktur Utama PT Dyandra Media International, Tbk mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi manajemen Perseroan untuk terus berkarya dan berkomitmen untuk tetap memajukan industri MICE di Indonesia.

Dyandra tetap optimis pada tahun buku 2021, DYAN dapat meningkatkan pendapatan perseroan sampai dengan 80% dibandingkan pendapatan DYAN pada tahun buku 2020. Apabila kondisi pademi tetap terkendali, pada tahun 2022 DYAN menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 60%. 

Manajemen saat ini tetap berpedoman pada strategi bisnis yang berfokus pada pertumbuhan perusahaan dengan menerapkan kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran dan berfokus pada pengembangan bisnis serta perluasan pangsa pasar industri MICE. Harapannya pada tahun 2023, DYAN menguasai 30% pangsa pasar industri MICE di Indonesia dan kembali melebarkan sayap ke berbagai event internasional di mancanegara. 

“Dukungan dari semua pemain industri, stakeholder/ pemangku kepentingan terhadap perseroan sangat kami harapkan demi pemulihan bisnis industri MICE dan kemajuan DYAN” tutup Daswar Marpaung.