AHY Apresiasi Laserjet Kantah Kabupaten Badung

Agung Nugroho | Kamis, 13 Juni 2024 - 18:42 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi Layanan Sertipikat Jemput di Tempat (LaserJet. Dok: Kementerian ATR/BPN

Kabupaten Badung - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi Layanan Sertipikat Jemput di Tempat (LaserJet) hasil inovasi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Badung. Menurutnya, layanan ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat.

"Tentunya lebih aman, lebih mudah diurus juga, dan tidak perlu perantara, jadi warga benar-benar langsung bertemu dengan para petugas BPN kami, dengan mesin, dengan sistem, sehingga tentunya menjadi jauh lebih efisien, tidak dipungut biaya aneh-aneh ataupun tidak berlama-lama," ucap Menteri ATR/Kepala BPN saat meninjau lokasi LaserJet di Tanjung Benoa, Badung pada Kamis (13/6/2024).

Menteri AHY mengungkapkan, di tengah persiapan pelaksanaan Reforma Agraria Summit 2024 yang akan diselenggarakan mulai Jumat-Sabtu, 14-15 Juni di The Meru Sanur, Bali, ia tetap menjadwalkan melihat implementasi LaserJet ini. Sebab menurutnya, inovasi Kantah Kabupaten Badung ini sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Masyarakat Bisa Mengurus Langsung

Adanya LaserJet, masyarakat bisa mengurus langsung layanan pertanahan seperti Peningkatan Hak dan Roya. Jika persyaratan lengkap, sertipikat yang baru, bisa langsung diterima masyarakat di hari yang sama. Hal ini memungkinkan dengan penerapan Sertipikat Tanah Elektronik se-Provinsi Bali.

Adapun program LaserJet diresmikan sejak 2022. Layanan ini kini lebih baik karena dikolaborasikan dengan Mobil Layanan Elektronik yang baru di-launching Menteri ATR/Kepala BPN pada 21 Mei 2024. Dengan mobil tersebut, jangkauan dari LaserJet semakin luas.

Menteri AHY berharap, terobosan yang dilakukan Kantah Kabupaten Badung ini bisa menginspirasi Kantah lainnya untuk memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan pertanahan.

"Kita menyampaikan kisah sukses ini kepada provinsi-provinsi lainnya. Tentunya masing-masing Kantah dan Kantor Wilayah berbeda-beda sumber dayanya, yang jelas kami sedang berupaya menggalakkan program-program semacam ini," tutur Menteri ATR/Kepala BPN.(Agn)