Pemerintah Optimis Menghadapi Ketidakpastian Global

Kiki Apriyansyah | Selasa, 28 Februari 2023 - 13:08 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Pemerintah telah berhasil memastikan pemulihan ekonomi ditahun 2022 berjalan efektif meski dalam situasi global yang tidak pasti,

"Pemerintah sedang menghadapi ketidakpastian global, tetapi Insya Allah melangkah dengan optimisme namun tentunya tetap waspada," kata Airlangga dalam acara Economic Outlook 2023 CNBC Indonesia dengan tema Menjaga Momentum Ekonomi di Tengah Ketidakpastian di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Selasa 28/2/2023.

Dalam melakukan mitigasi berbagai risiko, pemerintah menyiapkan sejumlah kebijakan utama. Dengan bauran kebijakan fiskal dan moneter yang tepat, seperti UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, Perpu Cipta Kerja, dan pengaturan DHE (Devisa Hasil Ekspor) sumber daya alam (SDA) maka diharapkan akan memberikan kepastian hukum di tengah situasi yang 'uncertain'.

Selain itu Pemerintah juga memperhatikan berbagai kebijakan jangka menengah dan panjang untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi. Beberapa kebijakan yang didorong diantaranya melalui hilirisasi komoditas SDA, mendorong industrialisasi, peningkatan kualitas SDM, serta dengan mempercepat pembangunan IKN.

Saya mendorong sinergi yang kokoh dan kontribusi terbaik dari kita semua dalam menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah di tahun ini. Pemerintah, masyarakat, investor, pengusaha, asosiasi, perbankan, dan media memiliki peran penting bagi kemajuan dan pembangunan ekonomi Indonesia.