KPU: Debat Perdana Cawapres Akan Digelar di Hotel

Kiki Apriansyah | Jumat, 15 Desember 2023 - 13:08 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Ilustrasi Gedung KPU RI

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan menggelar debat perdanan calon wakil presiden di kantor KPU, Jakarta. Seperti debat calon presiden (capres) pada selasa (12/12/2023) lalu. 

Komisioner August Mellaz menyatakan debat cawapres rencananya akan digelar di sebuah hotel di Jakarta. Namun, KPU belum memutuskan lokasi detailnya. KPU akan berkoordinasi dengan beberapa pihak sebelum membuat keputusan.

"Untuk lokasi kita akan ketemu dengan pihak TV pool penyelenggaranya. Karena ada beberapa usulan. Di hotel. Di Jakarta," kata Mellaz di Kantor KPU, Kamis (14/12/2023).

Namun demikian, Mellaz menyampaikan tidak ada format yang berubah. Acara akan berlangsung selama 150 menit. Namun, durasi khusus debat yaitu 120 menit.

Debat dibagi menjadi 6 segmen. Setiap calon dapat saling sanggah dalam 4 segmen, yaitu pada segmen 2,3,4 dan 5. Sementara pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Adapun segmen ke-6 penyampaian pernyataan pamungkas setiap calon.

"Kemudian, format debat tidak mengalami perubahan. Jadi untuk debat kedua, nanti bisa diteruskan ketiga, keempat, kelima," ujarnya.

Debat akan diikuti oleh tiga cawapres yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Adapun tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana capres dengan tema meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga. Debat itu diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.