Hasto: Kunker Jokowi ke Pekalongan sebagai Bentuk Dukungan Ganjar

Agung Nugroho | Jumat, 15 Desember 2023 - 18:25 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pekalongan dilakukan usai debat pertama capres 2024 digelar pada Selasa (12/12). Dok: Setkab

Jakarta - Sekretaris Jenderal Pratai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto mengklaim kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12) lalu sebagai bentuk dukungan terhadap capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Hasto menilai Jokowi satu pikiran dan setuju dengan salah satu gagasan Ganjar yang ingin menyelesaikan masalah pupuk dengan program KTP Sakti.

"Ya, itu Pak Jokowi membantu pak Ganjar, pak Jokowi di belakang pak Ganjar," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar tentang KTP sakti ternyata senafas dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi," sambungnya.

Hasto menyebut tanda Jokowi mendukung Ganjar turut ditunjukkan dengan beberapa rangkaian kunker yang "membuntuti" agenda kampanye Ganjar.

"Maka ketika Pak Ganjar di NTT kemudian Pak Jokowi ke NTT, itu kan artinya rakyat melihat Pak Jokowi di belakang pak Ganjar," ujarnya.

Sebelumnya, kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pekalongan dilakukan usai debat pertama capres 2024 digelar pada Selasa (12/12) lalu.

Ketika kunker ke Pekalongan, Jokowi turut menyoroti soal kelangkaan pupuk di daerah tersebut.

Di sana, ia juga berjanji bakal mempermudah pembelian pupuk. Para petani tak usah lagi susah-susah mengurus kartu tani untuk membeli pupuk.

"Saya sudah menyetujui untuk pembelian pupuk asal di KTP-nya ada tulisan petani silakan itu dipakai. Jadi, bisa pakai kartu tani, bisa memakai juga KTP," kata Jokowi di Pekalongan, Rabu (13/12).