Bertolak Ke Jepang Kenakan Dasi Warna Kuning, Jokowi: Masa Gak Tahu

Agung Nugroho | Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:42 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Bertolak ke Jepang untuk mengikuti KTT ASEAN-Jepang dan KTT Asia Zero Emission Community (AZEC), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan dasi warna kuning. Dok: Setpres

Jakarta - Bertolak ke Jepang untuk mengikuti KTT ASEAN-Jepang dan KTT Asia Zero Emission Community (AZEC), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan dasi warna kuning. 

Mantan Gubernur DKI itu mengenakan dasi warna kuning saat menyampaikan pernyataan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, sebelum berangkat ke Jepang, Sabtu (16/12/2023). Dasi warna kuning Jokowi menarik perhatian.

Saat ditanya wartawan mengenai makna penggunaan dasi berwarna kuning Jokowi menjawab dengan candaan. "Masa gak tahu," katanya di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (16/12/2023).

Secara terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang turut serta mengantarkan Jokowi ke Jepang, menjelaskan makna memakai dasi kuning tersebut.

Selain itu tampak yang melepas keberangkatan Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta juga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tadi beliau cerita kesulitan cari dasi, jadi yang ada dipakai," kata Pratikno saat ditanya wartawan.

Penggunaan dasi kuning dianggap wartawan bukan hal yang biasa digunakan oleh Presiden Jokowi. Sehingga ditanyakan apakah memiliki makna yang tersirat.