Cak Imin Sindir Gibran Soal Proyek Nasional di Solo, Kasih Tips Dong

Kiki Apriansyah | Sabtu, 23 Desember 2023 - 07:35 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan pertanyaan bernada sindiran kepada cawapers nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam sesi tanya jawab debat cawapres. Dok: Tangkapan layar youtube KPU RI

Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan pertanyaan bernada sindiran kepada cawapers nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam sesi tanya jawab debat cawapres. Ia mempertanyakan, kenapa banyak sekali proyek-proyek nasional di Solo.

Sindiran itu tersirat dalam pertanyaan yang disampaikan Cak Imin kepada Gibran. Ia semula mengatakan Gibran banyak membangun proyek besar selama menjabat Wali Kota Solo dari 2021 lalu hingga saat ini.

"Pak Gibran ini telah berhasil menjadi wali kota sekaligus pengusaha yang sukses. Bahkan, berbagai proyek besar telah berhasil dibangun di Solo," ujar Cak Imin kepada Gibran di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Cak Imin lantas mengatakan capaian itu merupakan prestasi. Namun, ia juga menilai prestasi itu bisa ditularkan kepada daerah-daerah lain.

Cawapres nomor urut 1 itu kemudian meminta tips and tricks kepada Gibran agar pembangunan proyek besar itu juga bisa diperoleh daerah-daerah lainnya.

"Ini menjadi prestasi, tetapi kita ingin prestasi ini ditularkan kepada yang lain," ungkap Cak Imin.

"Saya ingin Pak Gibran menyampaikan tips and tricks agar bupati, wali kota, dan pemerintah daerah yang lain bisa belajar agar proyek besar bisa ada dimasukkan [seperti] di kota Solo. Bagaimana caranya ini?" lanjutnya.

Merespons Muhaimin, Gibran menjawab saat ini Indonesia sedang melaksanakan pemerataan pembangunan dan bukan hanya di Solo saja, termasuk pula di luar Pulau Jawa. Dia pun mengklaim jumlah anggaran proyek yang digelontorkan ke Solo itu lebih banyak sebelum dirinya jadi wali kota.

"Kalau mau fair ya gus, jumlah proyek jumlah anggaran yang digelontorkan ke Solo sebelum saya wali kota lebih besar. Saya tahu arah pertanyaan kemana," sindir putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu.

Dia pun berharap tak perlu tendensius, karena dampaknya adalah untuk kepentingan kesejahteraan warga dengan meningkatkan lapangan kerja. Dia pun menyanggah Solo yang dipimpinnya menjadi anak emas, karena pemerataan pembangunan ada di mana-mana di Indonesia.

Selain itu, selaku wali kota, Gubran mengaku berkolaborasi dengan semua pihak untuk pembangunan dari mulai yang menggunakan dana APBN, APBD, hingga investasi.