PT Petrokimia Gresik Raih Anugrah BUMN Terbaik Transformasi Digital

Fuad Rizky Syahputra | Kamis, 21 Maret 2024 - 13:54 WIB


PT Petrokimia Gresik Raih “Transformasi Digital Perusahaan Terbaik Pertama” di ajang 13th Anugerah BUMN 2024. Selain itu Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai Best CEO in Developing Project Smart Precision Farming.
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo (kanan) menerima penghargaan CEO Innovative Leader dalam ajang Anugerah BUMN 2023 Tahun Ke-12.

Jakarta - PT Petrokimia Gresik Raih “Transformasi Digital Perusahaan Terbaik Pertama” di ajang 13th Anugerah BUMN 2024. Selain itu Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai Best CEO in Developing Project Smart Precision Farming.

Menurut Dwi Satriyo mengatakan, bahwa strategi transformasi digital petrokimia terus dijalankan. Untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan di semua aspek bisnis, berdasarkan analisis data yang tepat dan real-time. Selain itu juga pada akhirnya untuk meningkatkan efisiensi biaya.

“Seluruh karyawan Petrokimia Gresik, harus mampu mengoptimalkan digitalisasi sehingga perusahaan bisa dan bahkan tumbuh di era persaingan yang semakin ketat ini. Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan zaman, pemanfaatan teknologi yang sudah menjadi corporate culture terus ditingkatkan implementasinya di semua aspek bisnis Petrokimia Gresik,” ujar Dwi Satriyo.

Digitalisasi telah dijalankan mulai dari proses perencanaan, pengadaan, produksi, distribusi hingga penjualan untuk menciptakan produk berkualitas dan berdaya saing.

Dampaknya tidak hanya dirasakan perusahaan, namun juga akan mendorong kesejahteraan petani dan kemajuan pertanian di tanah air melalui peningkatan produktivitas hasil budidaya.

Pada perencanaan digitalisasi yang telah dijalankan, mampu meningkatkan akurasi perencanaan pengadaan bahan baku dengan aplikasi SIPS (Smart & Intelligent Procurement System).

Selain itu, pada proses rantai pasok, implementasi program ISCE (Internal Supply Chain Excellence). Yang merupakan integrasi seluruh sistem digital rantai pasok perusahaan, menggunakan aplikasi WMS (Warehouse Management System).

Petroport (Petrokimia Port Information System), DTMS (Digital Truk Monitoring System), 2CE (Customer Centric Excellence), MJ (Muriate of Potash Joss). Dan ER-PORT (Efficent Reliability PORT), sehingga dapat menurunkan biaya Internal Supply Chain sebesar 37 persen. Serta waiting truck time dan risiko, terjadinya kerusakan pada saat pengiriman pupuk juga menurun.

Ditambahkan Dwi Satriyo, bahwa program digitalisasi untuk menciptakan masa depan pertanian lebih maju dan modern, yaitu Smart Precision Farming yang telah mendapatkan perhatian dari berbagai Kementerian.

Akan dilengkapi dengan penggunaan pupuk berteknologi nano, sehingga lebih optimal penyerapannya oleh tanaman. Diharapkan nano ini akan menjadi “game changer” pertanian di Indonesia, agar menjadi lebih baik.

Sementara Anugerah BUMN digelar oleh BUMN Track, sebagai bentuk apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN. Yang berkiprah bagi pertumbuhan kinerja perusahaan, anugerah BUMN 2024 yang memasuki tahun ke-13 mengangkat tema “Business Reinvention Untuk Optimalisasi Peluang Bisnis di Industry 4.0”.

Indikator kemampuan BUMN dalam membangun tata kelola, perusahaan untuk meraih keseimbangan bisnis, dengan tetap mengedepankan tanggung jawab sosial perusahaan.