Inovasi Samsat Jakarta Timur, Terobosan Memudahkan Layanan Masyarakat

Ardy | Selasa, 25 Mei 2021 - 11:44 WIB


Membangun sebuah inovasi atau terobosan merupakan salah satu upaya Samsat Jakarta Timur untuk menindaklanjuti program Kapolri menuju Polri yang PRESISI dengan peningkatan pelayanan publik
Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Samsat Jakarta Timur (Dok.FIVE)

Jakarta - Samsat Jakarta Timur terus bekerja keras melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan masyarakat dalam membayar pajak.  

“Membangun sebuah inovasi atau terobosan merupakan salah satu upaya Samsat Jakarta Timur untuk menindaklanjuti program Kapolri menuju Polri yang PRESISI dengan peningkatan pelayanan publik,” kata Kanit Samsat Jakarta Timur AKP Yuli Wrestiyarti kepada FIVE.

AKP Yuli menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya mempunyai tiga terobosan diantaranya yakni, pertama membuat system pembayaran pajak secara online yaitu “Si Ondel”. 

Pelayanan ini memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak dari rumah, dan untuk pajak baru yang kemudian akan dikirimkan ke alamat wajib pajak sesuai dengan KTP wajib pajak tersebut.

“Dengan sistem digitalisasi yang diterapkan, memungkinkan pelayanan publik dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat,”tuturnya.

Kedua, membuat Posko Kampung Tangguh Jaya di Samsat Jakarta Timur untuk menyiapkan sarana prasarana kesehatan. Seperti tempat cuci tangan, handsanitizer, jarak antrian dan pembatan jumlah volume wajib pajak di dalam gedung Samsat Jakarta Timur.

“Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Area Samsat Jakarta Timur,”ungkapnya.

Dan terakhir, menyiapkan Petugas Pengawas Prokes di area Samsat Jakarta Timur untuk memastikan berjalannya Prokes Covid-19 di area Samsat Jakarta Timur agar petugas dan wajib pajak yang datang ke Samsat Jakarta Timur tetap mentaati Prokes Covid-19 sesuai anjuran Pemerintah.

“Ketiga terobosan ini merupakan bagian dari inovasi layanan publik yang terbukti bermanfaat dan mendapat respon positif dari masyarakat wajib pajak,”ujarnya.

Terbukti mendapat respon positif itu lanjut AKP Yuli,  hal ini di lihat berdasarkan data Survey Kepuasan Masyarakat di Samsat Jakarta Timur yang melibatkan 150 responden / wajib pajak yang terlibat. 

Samsat Jakarta Timur mendapat nilai 83,34%, ini salah satu indikasi respon positif masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

“Samsat Jakarta Timur akan terus memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. tentu dengan didukung petugas pelayanan yang ramah, humanis, responsif dan kredibel terhadap wajib pajak.”pungkasnya.