Mahfud Nilai Pertanyaan Gibran Soal Carbon Capture Tak Relevan di Debat Kedua

Kiki Apriansyah | Sabtu, 23 Desember 2023 - 07:11 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Calon wakil presiden (Cawapres) nomor nurut 3 Mahfud Md menilai jika pertanyaan yang diajukan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait carbon capture tidak relevan. Dok: Tangkapan layar youtube KPU RI

Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor nurut 3 Mahfud Md menilai jika pertanyaan yang diajukan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait carbon storage tidak relevan. Sebab, Mahfud mengatakan pertanyaan itu seharusnya diajukan pada debat keempat.

"Soal carbon capture itu, memang kita sudah buat catatan agak luas. Tapi nanti pada tanggal 21. Jadi yang ditanyakan tadi ndak relevan," ujar Mahfud usai debat kedua, di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12/2023).

"Itu enggak relevan pertanyaan itu kalau pertanyaan itu dibalik pada debat keempat. Tapi saya tetap ikut aturan termasuk enggak boleh tinggalkan podium," katanya usai debat.

Selain itu di dalam sesi debat cawapres pun, Mahfud sempat melontarkan protes serupa ke dua moderator yang memandu kegiatan tersebut.

"Moderator, Anda mengingatkan agar kembali ke tema debat, karena tadi pertanyaannya itu carbon capture. [Pertanyaan terkait carbon capture] itu nanti debat keempat tanggal 21 Januari," kata Mahfud.

"Tapi saya tahu itu kan untuk menghindari tidak adanya regulasi sekarang ini agar tidak lagi terjadi penggundulan karena food estate seperti yang terjadi," imbuhnya.

Sebelumnya di dalam sesi debat tersebut, Gibran mencecar Mahfud MD soal Carbon Capture and Storage (CCS). Hal itu terjadi dalam debat cawapres di JCC pada Jumat (22/12) malam.

Mulanya, Gibran bertanya pada Mahfud mengenai cara membuat regulasi CCS. Mahfud pun menjawab langkah pertama yang akan ia lakukan adalah membuat naskah akademik.

"Nah itu yang akan kami buat, gimana mengatur Undang-undang karbon, bukan hanya itu jadi itu yang akan dilakukan," jawab Mahfud.

Mahfud juga menyebut dalam membangun apa pun harus ada sistem pengawasan keuangan, termasuk CCS, sebelum mengakhiri jawabannya.

Namun, jawaban Mahfud ternyata tak memuaskan Gibran. Cawapres nomor urut 2 itu kembali mencecar Mahfud dan meminta jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya.

"Pertanyaan saya belum dijawab apa regulasinya carbon capture storage. Tolong dijawab sesuai pertanyaan. Enggak perlu ngambang ke mana-mana," tutur Gibran.