Gibran: PTSL Berhasil Bagikan 110 Juta Sertifikat

Agung Nugroho | Senin, 22 Januari 2024 - 07:04 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka dalam debat kedua cawapres peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. Dok: Tangkapan layar YouTube KPU

Jakarta- Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka mengatakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL, yang berhasil membagikan 110 juta sertifikat. 

Hal itu disampaikan Gibran dalam debat kedua cawapres peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

"Dulu sebelum ada program ini hanya bisa menghasilkan dan membagikan 500 ribu sertifikat. Bayangkan itu berapa tahun untuk menyelesaikan masalah,” ujar Gibran

Putra sulung Presiden Jokowi itu pun berjanji akan melanjutkan program pemerintahan terkait Reforma Agraria. 

Gibran mengatakan untuk program reforma agraria, akan kami kuatkan dan akan kami sempurnakan. 

Sekarang juga sudah ada program redistribusi tanah, sehingga tanah-tanah eks HGU dan lain-lain disimpan di bank tanah untuk nantinya di redistribusi ulang. Misal, mepada para pengusaha lokal, petani lokal, dan lain-lain.

Gibran juga melihat kemajuan yang dibuat dari program one-made policy dalam mengurangi adanya konflik sengketa dan mafia tanah.

“Karena databasenya sudah digital, batas-batas tanahnya sudah ter-capture semua di database, maka akan sangat mengurangi yang namanya mafia tanah,” jelasnya.

Sekali lagi, reforma agraria akan kita lanjutkan dan kita kuatkan,” ungkap Gibran, yang juga menceritakan pencapaian di Kota Solo bersama Capres Nomor Urut 3 sekaligus mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendapat predikat kota lengkap.

“Jadi Solo dan BPN sudah mendapat predikat kota lengkap, garis-garis tanah dan wilayahnya sudah ter-capture semua sehingga akan mengurangi konflik dari mafia tanah,” bebernya.