Anies: Cak Imin Siap Jalani Debat Cawapres

Agung Nugroho | Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:01 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Dok: Instagram @aniesbaswedan

Jakarta - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan bahwa pasangannya Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin sudah siap menjalani debat cawapres dengan bekal pengalamannya

"Pasangan kami, Cak Imin Cawapres, sangat berpengalaman, mumpuni. Bangga saya itu. Jadi seperti Gus Imin itu tidak perlu ada bekal-bekal apapun dari saya," ujar Anies saat ditemui usai acara Refleksi Menyambut Natal dan Tahun Baru di Gedung Nusantara IV DPR, Jakarta, Jumat (15/12/2023) malam.

Menurut Anies, bekal debat itu didapatkan selama perjalanan karier yang telah dilewati.

Debat, kata Anies, bukanlah pertunjukan teater yang dapat dilatih dalam waktu semalam atau dua malam semata.

"Itu Gus Imin punya pengalaman mimpin dari zaman masih muda sampai sekarang. Dan punya pengalaman memikirkan begitu banyak urusan. Jadi ketika diberikan kesempatan untuk bicara dua menit, itu bekalnya belasan tahun, puluhan tahun," kata Anies.

Koordinator Dewan Pertimbangan Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) Hasanuddin Wahid menilai Cak Imin tidak memerlukan persiapan khusus untuk menjalani debat itu.

Hal itu bertalian dengan pengalaman Cak Imin sebagai aktivis sejak muda, mantan Ketua Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), hingga ketua umum partai, hingga politisi selama bertahun-tahun.

Menurut Hasanuddin, kegiatan debat, diskusi, tukar pendapat, tukar pikiran, menyampaikan gagasan itu sudah semacam tradisi yang melekat pada Cak Imin sejak muda.

Ia turut menyinggung pengalaman Cak Imin sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang disebut turut membahas seputar ekonomi. 

Selain itu, Hasanuddin juga menyoroti pengalaman Cak Imin sebagai Menteri Ketenagakerjaan yang dinilai dekat dengan dunia ekonomi. Oleh karena itu, Hasanuddin menilai dunia ekonomi bukanlah hal baru bagi Cak Imin.

Lebih lanjut, Hasanuddin mengatakan konsultan Cak Imin untuk debat itu adalah rakyat dan kenyataan ekonomi yang terjadi.

Selain itu, Hasanuddin mengaku ekonom senior sekaligus Co-captain 2 Timnas AMIN Thomas Lembong turut terlibat dalam persiapan debat Cak Imin.

"Kalau mas Tom Lembong memang Timnas AMIN yang membidangi ekonomi. Bahwa di situ ada diskusi, pengayaan data, dan kemudian penajaman visi misi, itu hal yang wajar," ungkap Hasanuddin.

Ia menegaskan bahwa semua pihak yang tergabung dalam Timnas AMIN tentunya turut berkontribusi.

Komisi Pemilihan Umum akan menggelar debat kedua pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat ini akan diikuti oleh para cawapres.

Tema yang dibahas adalah Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan (cawapres).

Terdapat tiga pasangan calon yang akan ikut serta dalam Pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan nomor urut 3.