Anies Singgung Pelanggaran Etika Prabowo di Debat Pilpres 2024

Kiki Apriansyah | Senin, 08 Januari 2024 - 05:55 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan dalam sesi debat Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/202). Dok: Tangkapan layar youtube KPU RI

Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung pelanggaran etika ketika Prabowo tetap jalan terus dengan cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka, yang menurutnya melanggar etika. 

"Memang menjadi presiden, panglima tertinggi harus memiliki standar etika yang amat tinggi. Itu harus, karena akan mengambil keputusan mengerahkan pasukan, dan ketika harus bertempur ada korban nyawa, itu keputusan-keputusan etika," kata Anies pada saat sesi debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Dia mengatakan artinya ada kompromi atas standar etika. Standar etika. Ini fakta. Ini fakta. 

"Dan kemudian dalam pidato Bapak mengolok-olok tentang pentingnya etika. Saya tidak tega untuk mengulanginya. Pertanyaannya apa penjelasan Pak Prabowo soal itu semua?" kata Anies bertanya kepada Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1). Debat dihelat di Istora Senaya, Jakarta.

Dalam debat kali ini, tiga calon presiden beradu gagasan. Mereka yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Tema debat terkait isu pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri.