Anies Janji Kota Ambon sebagai Pusat Perikanan RI

Armei | Selasa, 16 Januari 2024 - 05:58 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Capres nomor urut 1 Anies Baswedam saat menggelar safari politik kampanye Pilpres 2024 di Ambon, Maluku, Senin, (15/1). Dok: Tangkapan layar YouTube Anies Baswedan

Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan menjadikan Ambon sebagai ibu kota industri perikanan Indonesia.

Hal itu dikatakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies saat menggelar safari politik kampanye Pilpres 2024 di Ambon, Maluku, Senin, (15/1/2024).

Anies bertemu dengan anak-anak muda dan kelompok nelayan saat diskusi "Desak Anies" di wisata Baby Beach, Desa Tual, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

"Ambon Maluku memiliki potensi perikanan yang luar biasa, luar biasa perikanan di sini. Yang pertama kami ingin menjadikan Ambon sebagai pusat ibu Kota Industri Perikanan Indonesia," ujarnya saat bertemu ratusan muda dan kelompok nelayan, Senin siang.

"Ambon menjadi 'super marketnya' Indonesia, di sinilah pusat perdagangan perikanan, di sinilah pusat Lumbung Ikan Nasional (LIN)," imbuh eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Dia berjanji pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) akan meneruskan lumbung ikan nasional (LIN) yang sempat mengudara di awan-awan, namun hingga saat ini disebutnya hanya isapan jempol.

"Kami akan meneruskan lumbung ikan nasional menjadi kenyataan, artinya kita laksanakan Ambon New Port," ucap Anies.

Ia bilang Lumbun Ikan Nasional (LIN) yang sudah dinantikan masyarakat Maluku selama bertahun-tahun namun hingga saat ini tak kunjung tuntas.

"Sudah lama di awan-awan, insyallah, kita jadikan harapan jadi kenyataan," tuturnya.

Tak hanya itu, Anies juga memastikan akan memajukan kelompok nelayan kecil yang mendiami pesisir pantai di pulau-pulau Maluku sehingga kesejahteraan tumbuh dan berkembang.

"Saya selalu sampaikan membesarkan yang kecil tanpa mengecualikan yang besar," kata Anies.

AMIN juga menyediakan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang memadai kepada nelayan dengan harga terjangkau dan membangun tempat penyimpanan ikan untuk nelayan hingga penyediaan bantuan kredit kepada nelayan.