Gibran Ofensif di Debat Cawapres, Pengamat: Strategi Cukup Ampuh

Kiki Apriansyah | Senin, 22 Januari 2024 - 09:56 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka dalam debat kedua cawapres peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. Dok: Tangkapan layar YouTube KPU

Jakarta - Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menila Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming saat debat Cawapres melakukan gebrakan yakni jurus ofensif untuk menekan lawannya cukup ampuh. 

"Dalam suatu konteks debat itu strategi yang Gibran cukup ampuh memancing kesewotan, kemarahan pada lawan debatnya. Itulah yang bisa dilakukan dia (res) untuk bisa memancing emosi dari para lawan debatnya dengan gaya yang ofensif tersebut, " ujar dia saat dihubungi oleh Majah FIVE di Jakarta, Senin (22/1/2024). 

Menurut Ujang Komarudin selama tidak melanggar aturan ataupun diperbolehkan strategi ofensif maupun defensif ya sah-sah saja selama tidak menghina. 

"Setelah melakukan strategi ofensif terlihat berhasil yang dilakukan Gibran untuk menekan lawan debatnya agar tidak mengintimidasinya. Dan Gibran dalam konteks tersebut sukses melakikan strategi tersebut, " pungkas dia.