Polda Metro Kerahkan 11.385 Personel untuk Pengamanan TPS Pemilu 2024

Fuad Rizky | Selasa, 30 Januari 2024 - 12:52 WIB

Pemain Garuda Select, David Maulana Foto : Polda Metro Jaya mengerahkan 11.385 personel diturunkan untuk melakukan pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Pemilu 2024. Dok: Ist

Jakarta - Polda Metro Jaya mengerahkan 11.385 personel diturunkan untuk melakukan pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Pemilu 2024.

Sebagai langkah awal, Polda Metro Jaya pun menggelar apel gelar kesiapan pasukan BKO pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (30/1) hari ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam menyebut  jumlah personel Polda Metro Jaya dan polres jajaran yang akan melaksanakan pengamanan TPS itu 11.385. 

"Tadi 4.744 di antaranya diambil apel oleh Bapak Wakapolda Metro Jaya dalam hal ini mewakili Kapolda Metro Jaya," kata Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan.

Ade Ary menyampaikan dengan apel ini diharapkan para personel yang bertugas bisa melaksanakan tugasnya dengan baik demi mencegah gangguan keamanan selama pemungutan suara.

"Tadi yang disampaikan Bapak Wakapolda Metro agar rekan-rekan yang akan melaksanakan pengamanan TPS tadi tidak underestimate, kemudian mampu mengidentifikasi kerawanan dan gangguan kamtibmas yang akan terjadi di lokasi pengamanan TPS-nya," ujarnya.

Sementara itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto dalam sambutannya meminta seluruh personel untuk selalu bersiaga di TPS selama pelaksanaan tugas.

Suyudi menyebut telah memerintahkan Kabid Propam untuk mengecek keberadaan anggota yang ditugaskan melakukan pengamanan di TPS.

"Jangan sampai ada satu pun anggota yang hilang dari zona TPS itu, hukumnya berat pasti kita proses, jangan sampai. Saya wanti-wanti jangan sampai satu anggota pun yang menghilang atau meninggalkan dari zona TPS, misalnya ada TPS 21 Jakarta Utara wilayah Koja ada yang tidur di hotel, itu kami amankan," tutur dia.

Suyudi juga meminta kepada seluruh personel untuk mengecek semua perlengkapan sebelum nantinya terjun ke lapangan melaksanakan tugas pengamanan.